Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria 80 Tahun Akan Mendaki Gunung Everest

Kompas.com - 02/04/2013, 08:13 WIB

KATMANDU, KOMPAS.com  Usia tua bukan hambatan untuk menaklukkan tantangan. Seorang pendaki gunung berusia 80 tahun asal Jepang dan telah menjalani empat kali operasi jantung akan mendaki puncak tertinggi Gunung Everest.

Dia akan menjadi orang tertua yang menaklukkan gunung itu jika berhasil. Pendakian itu juga bukan yang pertama kali bagi Yuichiro Miura, nama pendaki tersebut. Miura mendaki puncak berketinggian 8.850 meter itu pada 2003 dan 2008. Dia berhasil mencapai ketinggian 8.000 meter pada tahun 1970. Miura dan sembilan orang dalam timnya akan mendaki melalui jalur standar di sisi selatan yang merupakan jalur Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay ketika mereka menjadi orang-orang pertama yang mencapai puncak, Mei 1953.

"Rekor itu tidak penting bagi saya," ujar Miura, yang rambutnya sudah memutih semua, di Kathmandu, Nepal. "Yang penting adalah upaya mencapai puncak." Rekor orang tertua yang mencapai puncak dipegang Min Bahadur Sherchan, orang Nepal yang mencapai puncak pada usia 76 tahun pada 2008.

Seorang dokter spesialis jantung ikut serta dalam tim tersebut untuk mengawasi kesehatan Miura. Pendakian akan dilakukan Mei mendatang.

Selain mendaki gunung, Miura juga memiliki mimpi lain yang tidak kalah seru. Dia ingin bermain ski di Cho Oyu, gunung tertinggi keenam di dunia dengan ketinggian 8.201 meter, yang juga terdapat di Himalaya. "Mungkin, jika saya berusia 85 tahun dan saya masih hidup, saya ingin mendaki dan turun dengan ski di Cho Oyu. Itu adalah mimpi saya selanjutnya. Selamat berjuang, Kek...!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com