Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Afganistan Tusuk Leher Prajurit AS

Kompas.com - 02/04/2013, 01:05 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Seorang prajurit AS tewas setelah lehernya ditusuk seorang remaja Afganistan. Demikian pernyataan seorang petinggi militer AS, Senin (1/4/2013).

Sersan Michael Cable (26) tengah bertugas menjaga sebuah pertemuan antara para pejabat Afganistan dan AS di Provinsi Nargarhar pada Rabu (27/3/2013). Pada saat itu penusukan terjadi.

Sersan Cable tengah bermain dengan sekelompok anak di luar gedung pertemuan saat seorang remaja menusuknya dari belakang. Setelah melakukan penusukan, remaja yang diperkirakan berusia 16 tahun itu berhasil melarikan diri.

Sementara itu, juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid, mengatakan bahwa remaja itu bertindak secara individu saat membunuh tentara AS tersebut. Namun, lanjut Zabiullah, remaja itu kini sudah bergabung dengan Taliban.

Pekan lalu, dalam pernyataan resminya, Pentagon menyatakan bahwa Sersan Cable tewas karena luka-luka yang diperolehnya ketika pasukannya diserang musuh.

Cable yang berasal dari Kentucky itu bergabung dengan AD Amerika Serikat pada 2007. Sepanjang karier militernya, Cable sudah bertugas satu kali ke Irak dan dijadwalkan mengakhiri tugasnya di Afganistan pada Juni mendatang.

Pada Maret 2013, sebanyak 14 tentara AS tewas di Afganistan. Angka itu melonjak drastis sebab pada Februari tercatat hanya empat prajurit AS yang tewas saat menjalankan tugasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com