Kamis, 2 Oktober 2014

News / Internasional

Pemberontak Suriah Bunuh Ulama Pro-Pemerintah

Minggu, 31 Maret 2013 | 09:07 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Pasukan pemberontak Suriah membunuh seorang ulama Sunni pro-pemerintah di kota Aleppo, Suriah utara dan dilaporkan merusak tubuh ulama tersebut. Organisasi HAM Suriah di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights, dan media pemerintah Suriah melaporkan hari Sabtu (30/3) bahwa Sheikh Hassan Seifeddine, imam masjid di Aleppo utara, dibunuh pemberontak dalam pertempuran sengit di wilayah Sheikh Maqsoud. Menurut Observatory, pemberontak kemudian mengarak mayat ulama itu di daerah sekitarnya.

Kebrutalan terbaru itu terjadi hanya beberapa hari setelah seorang penyerang bunuh diri meledakkan bom dalam masjid kuno Damaskus, menewaskan ulama pro-pemerintah Mohammed al-Buti. Presiden Suriah Bashar al-Assad hari Jumat bertekad membersihkan negaranya dari ekstrimis yang dituding melakukan serangan, yang menewaskan sekitar 50 orang, itu.

Belakangan ini, ekstrimis berperan lebih besar di kalangan kelompok pemberontak di Suriah sementara pemberontakan yang sudah berlangsung dua tahun itu terus berlangsung tanpa tanda-tanda akan berakhir.


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: