Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Kecam Kehadiran Oposisi Suriah di KTT Liga Arab

Kompas.com - 27/03/2013, 16:43 WIB

DOHA, KOMPAS.com — Iran mengecam Liga Arab yang memberikan kursi kosong Suriah kepada oposisi Suriah dalam pertemuan tahunan organisasi itu. Sejumlah media Iran, Rabu (27/3/2013), melaporkan Pemerintah Iran menyebut langkah itu sebagai sebuah "perilaku berbahaya".

Liga Arab, sejak November 2011, membekukan keanggotaan Suriah sehingga pada saat KTT Liga Arab dibuka, Selasa (26/3/2013), kursi Suriah ditempati pemimpin koalisi oposisi Suriah, Moaz al-Khatib.

Iran sejak lama dikenal sangat mendukung rezim Bashar al-Assad sejak gerakan menentang pemimpin Suriah itu mulai muncul pertengahan 2011 lalu.

Iran menganggap Assad sebagai sekutu penting dalam perlawanan menghadapi Israel. Iran juga menilai Assad adalah benteng melawan ekstremis Sunni di Suriah.

"Memberikan kursi Suriah di Liga Arab kepada mereka yang tak mendapatkan dukungan rakyat memunculkan pola perilaku berbahaya dunia Arab yang bisa menjadi preseden anggota Liga Arab lain di masa depan," kata deputi Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdullahian, seperti dikutip kantor berita ISNA.

"Langkah ini akan membawa akhir dari peran Liga Arab di kawasan," tambah Hossein.

Dalam KTT Liga Arab, Moaz al-Khatib meminta Menlu AS John Kerry agar AS mengerahkan membantu oposisi mempertahankan wilayah utara Suriah yang sudah dikuasai dengan roket Patriot yang kini dikerahkan di perbatasan Turki. Namun, NATO menolak permintaan itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com