Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Taiwan Tewaskan Satu Orang

Kompas.com - 27/03/2013, 14:23 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 6,0 skala Richter mengguncang Taiwan tengah, Rabu (27/3/2013), menewaskan satu orang dan melukai 19 orang lainnya.

Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan mengatakan, korban tewas adalah seorang perempuan berusia 72 tahun yang tertimpa runtuhan bangunan di sebuah kuil di Nantou. Perempuan tua itu meninggal di lokasi kejadian.

Sementara itu, 19 orang lain mengalami luka ringan di Nantou dan daerah sekitarnya seperti Changhua dan Taichung. Gempa ini juga memicu kebakaran yang melukai satu orang di Nantou.

Gempa ini juga menyebabkan lima orang terjebak di dalam lift, tetapi kelima orang itu dikabarkan selamat.

Selain mengakibatkan korban tewas dan luka, gempa ini juga merusak sejumlah bangunan dan sempat menunda semua layanan kereta api selama satu jam.

Badan Survey Geologi AS (USGS) menyebut, pusat gempa itu berada 48 kilometer sebelah timur kota Nantou, di wilayah tengah Taiwan dengan kedalaman 20,7 km.

Nantou pernah menjadi korban gempa 7,6 skala Richter yang terjadi pada 21 September 1999. Gempa yang dianggap terbesar yang pernah menghantam Taiwan itu menewaskan 2.400 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com