Singapura Kota Terinovatif di Asia Pasifik - Kompas.com

Singapura Kota Terinovatif di Asia Pasifik

Kontributor Singapura, Ericssen
Kompas.com - 23/03/2013, 06:07 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Singapura kembali diberi penghargaan terbaru. Asiaone melaporkan, Jumat (22/3/2013), Negeri Merlion ini dinobatkan sebagai kota paling inovatif di Asia Pasifik.

Riset yang dilakukan oleh perusahaan konsultan, Solidiance, menempatkan Singapura di atas kota-kota besar lainnya seperti Sydney, Melbourne, Hongkong, dan Auckland. Perkembangan negeri kota ini benar-benar pesat. Dalam waktu 40 tahun yang relatif singkat, Singapura menjelma dari pelabuhan dagang kecil menjadi pusat finansial dan teknologi berskala dunia.

Enam kategori menjadi indikator riset ini, yakni sumber daya manusia, pendidikan dan riset, teknologi, budaya, integrasi global, dan kebijakan pemerintah. Singapura menjadi jawara untuk indikator integrasi global.

Pujian dilayangkan untuk kefasihan bahasa Inggris yang tinggi, daya saing global yang tinggi, kepedulian, serta pemeliharaan lingkungan yang kuat. Indikator terendah adalah budaya yang masih ada sejumlah keluhan terhadap tingginya angka sensor yang dilakukan oleh pemerintah, misalnya terhadap berita dan film.

Damien Duhamel, Managing Partner Solidiance untuk kawasan Asia Pasifik, memuji Singapura sebagai negara yang kuat, cepat, dan sukses. Namun, dia menambahkan, adaptasi terhadap kondisi global yang terus berubah perlu dipertahankan.

Riset ini meneliti 16 kota di Asia Pasifik. Duhamel menambahkan, peringkat ini sangat mungkin berubah tahun depan mengingat jarak yang sangat tipis hanya 0,03 poin memisahkan Singapura, Sydney, dan Melbourne. Asia Tenggara sendiri menempatkan Bangkok dan Kuala Lumpur di peringkat 9 dan 12.

PenulisKontributor Singapura, Ericssen
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM