Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tikus, Penyebab Padamnya Listrik PLTN Fukushima

Kompas.com - 21/03/2013, 12:11 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Seekor tikus diduga menjadi penyebab padamnya listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima yang sebelumnya rusak akibat tsunami kata perusahaan pengelola pembangkit itu, Tokyo Electric Power Co (Tepco).

Menurut Tepco tikus diduga menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek pada sebuah papan kendali (switchboard), sehingga terjadilah pemadaman.

Padamnya listrik di pembangkit itu bisa menyebabkan terputusnya aliran yang dipakai untuk mendinginkan kolam pembangkit nuklir yang dikhawatirkan bisa mengakibatkan kebocoran.

"Kami sangat menyesalkan menyebabkan publik khawatir, tetapi sistem sudah pulih kembali," kata juru bicara Tepco Masayuki Ono seperti dikutip kantor berita AFP.

Dua tahun sebelumnya akibat gempa bumi besar tsunami terjadi dan listrik yang tidak berfungsi menyebabkan terjadinya kebocoran kolam pembangkit.

Masalah ini baru berhasil diatasi Desember 2011 dan krisis pada Senin lalu adalah yang pertama kali sejak saat itu dimana banyak fasilitas juga harus menjadi korban akibat pemadaman kata Tepco.

Terputusnya aliran listrik memutus pula pasokan listrik menuju sistem pendingin di reaktor 1, 3 dan 4 pada Senin (18/3/2013) malam, meskipun reaktornya sendiri tidak terkena dampak.

Air yang dipakai sebagai sistem pendingin -namun masih sangat mengandung zat radioaktif- gagal berfungsi dan teknisi harus bekerja keras selama 30 jam untuk memperbaikinya. 

Namun sistem pendingin akhirnya pulih kembali pada Selasa (19/3/2013) pagi kata Tepco.  Petugas menemukan bekas terbakar pada papan atur dan seekor tikus berukuran 15cm mati di dekatnya.

Tepco menunjukkan foto bangkai hewan ini di dalam unit papan aturnya.

Pengamat menyebut insiden ini menunjukkan betapa rawannya upaya penyela matan Fukushima dua tahun lalu yang akhirnya menyebabkan terlepasnya radiasi ke wilayah sekitar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com