Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Geledah Apartemen Bos IMF

Kompas.com - 20/03/2013, 20:02 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Polisi Perancis menggeledah apartemen Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde. Menurut warta AFP pada Rabu (20/3/2013), upaya kepolisian ini masih terkait dengan kasus pembayaran kompensasi sebesar 285 juta euro kepada pengusaha Bernard Tapie.

Catatan menunjukkan, kasus ini terjadi pada 2008. Kala itu, Lagarde menjabat sebagai Menteri Keuangan Perancis. Tapie kala itu adalah kawan dekat Presiden Nicolas Sarkozy.

Pihak pengadilan masih terus mencari apakah ada upaya-upaya penyalahgunaan wewenang saat Lagarde memimpin Kementerian Keuangan Perancis. Sejauh ini, Lagarde bersikukuh kalau dirinya tidak bersalah.

Ihwal duit sebesar 285 juta euro atau setara dengan Rp 3,4 triliun tersebut berangkat dari kompensasi silang selisih Credit Lyonnais versus Tapie. Menurut Tapie, bank pemerintah Perancis menipu dirinya saat penjualan saham perusahaan peralatan olahraga Adidas. Kejadiannya berlangsung pada 1993.

Dalam posisinya sebagai Menteri Keuangan Perancis, kala itu, Lagarde menyetujui penghentian upaya hukum. Kasus itu kemudian dibawa ke panel arbitrase. Ada dugaan Lagarde mengabaikan pertimbangan kementeriannya bahwa sebaiknya kasus itu tetap harus dituntaskan melalui pengadilan.

Bernard Tapie adalah pendukung Nicolas Sarkozy saat kampanye pemilihan presiden Perancis. Disebut-sebut, Tapie terbilang penyumbang dana kampanye terbesar untuk Sarkozy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com