Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato Perdana, Paus Fransiskus Minta Dukungan dan Doa

Kompas.com - 14/03/2013, 02:45 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

VATIKAN, KOMPAS.com — Paus Fransiskus tampil perdana di balkon Basilika St Petrus, menghadap ribuan umat Katolik yang berkumpul di Lapangan Basilika, Rabu (13/3/2013) pukul 20.23 waktu setempat. Selama sekitar 10 menit, dia menyampaikan pidato perdananya.

"Sepertinya, para kardinal, saudara saya, telah memilih satu orang dari jauh sana. (Tapi) inilah saya di sini," ujar Paus Fransiskus dengan ramah, mengawali pidato perdananya.

Dia mengucapkan terima kasih atas sambutan umat Katolik terhadap dirinya. Dalam pidato singkatnya tersebut, Paus Fransiskus meminta doa dan dukungan dari seluruh umat Katolik di dunia.

"Sebelum saya memberikan berkat, saya meminta bantuan Anda: 'Saya ingin kalian memberkati saya'," ujarnya sebelum meminta umat hening sejenak. Paus Fransiskus kemudian memberikan pemberkatan yang biasa disebut "Urbi et Orbi" atau Untuk Kota dan Seluruh Dunia.

Jorge Mario Bergoglio, Uskup Agung Buenos Aires, terpilih sebagai Paus, Rabu (13/3/2013), dalam konklaf hari kedua. Ia adalah Paus pertama dari Amerika Latin dan merupakan Paus pertama yang bukan berasal dari kawasan Eropa. Dia akan menggunakan nama Paus Fransiskus.

Bergoglio adalah Uskup Agung Buenos Aires, Argentina, sebelum mengundurkan diri karena usia yang telah mencapai 76 tahun.

Selama ini, Bergoglio dikenal sebagai "orang lurus" dan konservatif. Salah satu pandangannya yang keras telah menyebabkan perdebatan dengan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner. Bergoglio menentang keras perkawinan sesama jenis dan peredaran bebas alat kontrasepsi.

 

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Pemilihan Paus Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com