Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cadangan Emas China Terbanyak

Kompas.com - 13/03/2013, 19:28 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Menempatkan catatan 1.054 ton, China menjadi negara dengan cadangan emas terbanyak di dunia saat ini. Wakil Gubernur Bank Rakyat China (PBOC) Yi Gang mengatakan hal itu pada Rabu (13/3/2013) sebagaimana warta Xinhua.

Menurut Yi Gang, di masa depan, cadangan emas China bakal lebih banyak lagi. "Makanya kami mengupayakan keseimbangan antara stabilitas pasar dan harga emas,"katanya.

Sampai kini setiap tahunnya, China memproduksi 400 ton emas. "Tapi, setiap tahun pula, kami mengimpor 500 ton sampai dengan 600 ton emas,"imbuh Yi Gang.

Menurut Yi Gang lebih lanjut, menaikkan cadangan emas sama artinya dengan meningkatkan harga emas. China percaya, cara itu akan memaksa orang membayar lebih banyak untuk konsumsi dan investasi emas.

Namun begitu, lanjut Yi Gang, China masih merasa kalau jumlah cadangan emasnya relatif masih sedikit di pasar emas. "Kami membandingkan dengan cadangan devisa China 3,3 triliun dollar AS," ujar Yi Gang sembari membantah spekulasi kalau China akan mendiversifikasi investasi cadangan internasionalnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com