Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara "Tiga Sungai" Dekatkan Diri ke ASEAN

Kompas.com - 13/03/2013, 17:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Lima negara di aliran tiga sungai Ayeyawady, Chao Phraya, dan Mekong yakni Laos, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan Myanmar makin mendekatkan diri untuk meningkatkan kerja sama dengan Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Kelima negara yang juga menjadi anggota ASEAN itu baru saja menuntaskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Strategis (ACMECS) di Vientiane, ibu kota Laos pada Rabu (13/3/2013). Pertemuan itu berlangsung sejak Senin (11/3/2013), tulis AP.

Agenda penting yang bakal dijalin dengan ASEAN salah satunya adalah upaya menjadikan kawasan tersebut sebagai basis produksi utama. "Kerja sama ini menjadi jalan menuju pasar ASEAN 2015,"kata Perdana Menteri Laos Thongsing Thanmavong.

ACMECS sendiri membidik delapan traget prioritas kerja sama yakni perdagangan dan investasi, pertanian, energi, jaringan transportasi, pariwisata, pembangunan sumber daya manusia, kesehatan, dan lingkungan. Sementara, KTT tersebut berhasil pula menetapkan satu sistem pengaturan perbatasan antara Vietnam dan Laos.

KTT ACMECS kali pertama dihelat pada 2003. Kala itu, Myanmar menjadi tuan rumah. Adalah mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra yang kali pertama menggulirkan ide ACMECS pada 2002.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com