Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang yang Bakar Diri Akhirnya Tewas

Kompas.com - 13/03/2013, 16:47 WIB

TUNIS, KOMPAS.com - Pedagang rokok Tunisia yang membakar diri di Tunis, akhirnya meninggal dunia akibat luka-lukanya, Rabu (13/3/2013).

"Adel Khadiri (27), yang melakukan aksi bakar diri Selasa, meninggal dunia hari ini (Rabu) pukul 5.30 karena luka bakar parah," kata Direktur Pusat Perawatan Luka Bakar Ben Arous kepada AFP.

Sementara itu, seorang pejabat pemerintah mengatakan Khadri, yang berasal dari keluarga miskin di desa Jendoubam, tiba di ibu kota Tunis beberapa bulan lalu untuk mencari pekerjaan.

"Ini adalah pemuda yang harus menjual rokok karena tak punya pekerjaan," kata Khadri, seperti ditirukan sejumlah saksi mata, sebelum dia membakar diri.

Aksi bakar diri itu terjadi di jalan utama kota Tunis, Habib Bourguiba, yang juga menjadi pusat unjuk rasa publik yang menggulingkan Presiden Zine Abedin bin Ali dua tahun lalu.

Revolusi menggulingkan Ben Ali dipicu aksi bakar diri Mohamed Bouazizi, seorang pedagang kaki lima di kota Sidi Bouzid. Aksi pada 17 Desember 2010 itu dipicu kekerasan polisi terhadap para pedagang kecil Tunisia.

Selain itu, masalah sosial dan ekonomi menjadi penyebab utama pecahnya revolusi, yang kemudian menyebar ke seluruh Afrika Utara dan sebagian Timur Tengah dalam gelombang revolusi yang disebut "Arab Spring".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com