Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salju Melumpuhkan Eropa

Kompas.com - 12/03/2013, 22:09 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PARIS, KOMPAS.com- Bandara internasional Frankfurt, Jerman ditutup. Pelayanan kereta api yang melintasi terowongan di bawah Selat Inggris dihentikan. Lalulintas di jalan raya juga lumpuh. Semuanya disebabkan salju yang masih saja turun dan menuntupi wilayah di seluruh Eropa Barat.

Kantor berita AP hari Selasa (12/3/2013), melaporkan, semua kegiatan transprotasi di Eropa Barat praktis terhenti akibat salju yang masih terus melanda sebagian besar kawasan Eropa. Persiapan yang kurang menghadapi badai salju yang ternyata masih terjadi membuat semuanya sarangan transpotasi lumpuh.

Salju tebal dilaporkan melanda kawasan Eropa utara dan timur. Jerman, Perancis, Inggris, dan Belgia dilaporkan terus berupaya membersihkan salju di jalan-jalan dan sarana transportasi lainnya agar bisa tetap berfungsi di tengah cuaca membeku dan kabut tebal.

Bandara Frankfurt, bandara nomor tiga tersibuk di Eropa ini ditutup sejak tengah hari setelah ketebalan salju di bandara mencapai 12 sentimeter. Lebih dari 355 penerbangan dibatalkan sejak pertengahan hari Selasa. Bandara sempat dibuka sebentar selama satu jam namun kemudian ditutup lagi.

Di utara Frankfurt, jalan raya autobahn A45 terpaksa ditutup setelah terjadi tabrakan melibatkan lebih dari 100 mobil dan truk di dekat Muenzenberg. Polisi menuturkan, belasan orang cedera namun tak ada yang tewas dalam musibah ini.

Tabrakan melibatkan puluhan kendaraan juga terjadi di sejumlah jalan raya di beberapa negara lainnya.

Di bandara Orly, Paris, Perancis, sebuah pesawat Tunisair tergelincir saat mendarat karena landasan bersalju. Tak ada yang cedera dalam isntiden ini. Namun penerbangan ke Orly dibatalkan atau ditunda sepanjang hari kemarin. Lebih dari 300 penerbangan diperingati untuk ekstra hati-hati. Jumlah ini hanya seperempat dari total penerbangan setiap hari.

Bandara Charles de Gaulle, bandara lain di Paris juga ditutup. Sementara Bandara Brussels, Belgia dipaksa hanya mengoperasikan satu landasan. Layanan kereta apiantara negara di Eropa, Eurostar, juga ditangguhkan sejak tengah hari.

Pelayanan melalui terowongan Selat Inggris juga dihentikan. Pelayanan kereta api cepat lainnya di Eropa juga dihentikan. Ketebalan salju mencapai 50 sentimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com