Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Desak Intervensi Liga Arab di Suriah

Kompas.com - 12/03/2013, 20:16 WIB

STRASBOURG, KOMPAS.com - Presiden Israel, Shimon Peres, dalam pidato bersejarahnya di hadapan Parlemen Uni Eropa di Strasbourg, Perancis, Selasa (12/3/2013), mendesak Liga Arab melakukan intervensi ke Suriah untuk menghentikan pembantaian.

"Liga Arab bisa dan seharusnya membentuk sebuah pemerintahan sementara di Suriah untuk menghentikan pembantaian, untuk menghindarkan Suriah hancur berkeping-keping. PBB seharusnya mendukung Liga Arab untuk membentuk pasukan perdamaian Arab," kata Peres.

Dalam pidato pertama seorang pemimpin Israel di Parlemen Uni Eropa dalam tiga dekade terakhir itu, Peres menambahkan upaya untuk memperjuangkan sebuah dunia yang bebas tak bisa tercapai jika Presiden Suriah masih melakukan pembantaian terhadap rakyat dan anak-anaknya sendiri.

"Kondisi ini sangat menyedihkan. Intervensi kekuatan Barat akan dianggap sebagai sebuah intervensi asing," ujar Peres.

Peres menambahkan Presiden Bashar al-Assad adalah ancaman bagi kawasan Timur Tengah dan bahkan ancaman untuk Eropa. Sebab, Assad memiliki persenjataan kimia. Sehingga Peres mengatakan intervensi Liga Arab adalah solusi terbaik untuk mencegah persenjataan kimia Assad jatuh ke tangan yang salah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com