Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Kaki Lima Tunisia Bakar Diri

Kompas.com - 12/03/2013, 18:39 WIB

TUNIS, KOMPAS.com - Seorang pedagang kaki lima di ibu kota Tunisia, Tunis, dalam kondisi kritis setelah melakukan aksi bakar diri. Aksi ini dilakukan beberapa jam sebelum parlemen memilih pemerintahan baru untuk menghindarkan negeri itu dari krisis politik lebih dalam lagi.

"Pemuda ini biasa berjualan rokok karena tak memiliki pekerjaan," kata seorang pria, sebelum aksi bakar diri di depan gedung pemerintah di Jalan Habib Bourguiba, berlangsung.

"Allahu Akbar!" kata pemuda itu sambil membakar dirinya.

Para pejalan kaki kemudian berusaha memadamkan api di tubuh pemuda yang diyakini berusia 20-an tahun itu. Setelah api padam, meski dalam kondisi luka bakar parah, pemuda itu masih sadarkan diri dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Seorang sumber dari rumah sakit mengatakan pemuda itu dalam kondisi kritis dan hanya kakinya yang tidak menderita luka bakar.

Jumlah warga yang melakukan aksi bunuh diri atau percobaan bunuh diri terus bertambah di Tunisia, sejak seorang pedagang kaki lima membakar dirinya pada 17 Desember 2010, memprotes perlakukan kasar kepolisian.

Pemuda itu adalah Mohammad Bouazizi, yang kematiannya di kota Sidi Bouzid, memicu aksi massa yang akhirnya menjungkalkan diktator Zine Abedine ben Ali. Aksi massa Tunisia itu kemudian menyebar ke Afrika Utara dan Timur Tengah dalam gerakan yang kemudian dikenal sebagai "Arab Spring".

Masalah ekonomi yang menjadi pemicu aksi massa melawan rezim Ben Ali masih terjadi saat ini. Bahkan, krisis semakin dalam setelah pembunuhan di siang hari terhadap tokoh oposisi Chokri Belaid pada 6 Februari lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com