Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilas Balik Konklaf Satu Abad Terakhir

Kompas.com - 12/03/2013, 18:03 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Selama satu abad terakhir, tak ada sidang konklaf yang lebih lama dari lima hari, dengan konklaf tercepat adalah saat terpilihnya Paus Pius XII.

Dalam 100 tahun terakhir, dua kali uskup dari Amerika Latin tak memberikan suara karena terlambat tiba di Vatikan. Sementara seorang kardinal Hungaria dua kali tak menghadiri konklaf karena bersembunyi di Kedubes AS di Budapest dalam rangka mencari suaka.

Inilah konklaf Vatikan dalam 100 tahun terakhir:

31 Juli-4 Agustus 1903: Kardinal Italia Giuseppe Sarto terpilih menjadi paus dengan gelar Pius X. Dia terpilih dalam tujuh kali pemungutan suara selama empat hari konklaf yang dihadiri 62 dari 64 kardinal.

31 Agustus-3 September 1914: Kardinal Italia Giacomo della Chiesa resmi menjadi Paus Benediktus XV. Dia terpilih dalam 10 kali pemungutan suara di hari ketiga konklaf yang dihadiri 56 dari 65 kardinal. Para kardinal dari Boston, Baltimore dan Quebec tiba setelah sidang konklaf usai.

2-6 Februari 1922: Kardinal Italia Achille Ratti menjadi Paus Pius XI, terpilih dalam pemungutan suara ke-14 di hari kelima konklaf. Sebanyak 53 dari 60 kardinal berpartisipasi dalam konklaf.

1-2 Maret 1939: 62 kardinal yang berpartisipasi dalam konklaf, menetapkan Kardinal Eugenio Pacelli menjadi Paus Pius XII, yang terpilih pada hari kedua konklaf dengan hanya tiga kali pemungutan suara.

25-28 Oktober 1958: Kardinal Italia Angelo Roncalli dilantik menjadi Paus Yohanes XXIII. Dia terpilih dalam hari keempat konklaf melalui pemungutan suara ke-11. 51 dari 53 kardinal ikut serta dalam konklaf. Kardinal Hungaria Jozsef Mindszenty tengah berlindung di Kedubes AS di Budapest. Sedangkan Kardinal Alojzije Stepinac menjalani tahanan rumah.

25-26 Juni 1963
: Sidang konklaf pada hari ketiga lewat pemungutan suara keenam, memilih kardinal Italia Giovanni Battista Montyini menjadi Paul VI. 80 dari 88 kardinal berpartisipasi. Kardinal Mindszenty masih berlindung di Kedubes AS di Budapest.

25-26 Agustus 1978: Kardinal Albino Luciano dari Italia resmi menjadi Paus Yohanes Paulus I. Beliau terpilih dalam konklaf hari kedua dan pemungutan suara keempat. Sebanyak 111 kardinal dari 49 negara ikut serta. Tiga kardinal absen karena sakit, 15 kardinal tak bisa ikut serta karena terkena aturan baru yaitu batasan usia di bawah 80 tahun.

14-16 Oktober 1978: Kardinal Karol Wojtyla dari Polandia terpilih menjadi Paus Yohanes Paulus II. Dia terpilih di hari ketiga konklaf dan pemungutan suara kedelapan. 111 kardinal dari 49 negara ikut ambil bagian dalam konklaf ini.

18-19 April 2005: 115 kardinal dari 52 negara memilih Kardinal Joseph Ratzinger dari Jerman menjadi Paus Benediktus XVI. Dia terpilih di hari kedua konklaf dan di pemungutan suara keempat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com