Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menantu Osama Menolak Dakwaan

Kompas.com - 09/03/2013, 08:55 WIB

Menantu Osama bin Laden, Sulaiman Abu Ghaith, menyatakan tidak bersalah atas dakwaan merencanakan pembunuhan warga Amerika Serikat dalam kapasitasnya sebagai juru bicara Al Qaeda.

Dalam sidang di pengadilan Federal New York pada Jumat (08/03), Sulaiman Abu Ghaith menolak dakwaan berkonspirasi untuk membunuh rakyat Amerika.

Pihak penuntut mengatakan, Abu Ghaith memuji serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat dan memperingatkan akan ada serangan-serangan lain.

Pengadilan memerintahkan agar ia tetap ditahan di penjara pengadilan federal New York. Sidang akan dilanjutkan pada 8 April untuk menetapkan tanggal sidang selanjutnya.

Para wartawan melaporkan Abu Ghait—yang berjenggot pendek dan mengenakan seragam penjara berwarna gelap—dalam keadaan diborgol ketika hadir di pengadilan.

Militan kelahiran Kuwait itu dilaporkan ditangkap di Jordania dan diterbangkan ke Amerika Serikat. Ia disebutkan berperan sebagai juru bicara Osama bin Laden dan jaringan Al Qaeda.

Beberapa senator Partai Republik menyerukan agar Abu Ghaith dikirim ke pangkalan militer Amerika di Teluk Guantanamo, tetapi seorang pejabat mengatakan pemerintah berpendapat sidang di pengadilan federal merupakan pilihan terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com