Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezuela Akan Awetkan Jasad Hugo Chavez

Kompas.com - 08/03/2013, 14:21 WIB

CARACAS, KOMPAS.com — Plt Presiden Venezuela Nicolas Maduro, Kamis (7/3/2013), mengatakan, jasad Hugo Chavez akan diawetkan dan akan ditempatkan di sebuah museum militer agar bisa dilihat sepanjang masa.

"Sudah diputuskan bahwa jenazah El Commandante akan diawetkan sehingga jasadnya abadi agar bisa disaksikan rakyat," kata Maduro kepada televisi pemerintah.

Meski sudah berencana untuk mengawetkan jasad Chavez, Maduro memastikan upacara pemakaman sang pemimpin tetap akan digelar pada Jumat (8/3/2013). Upacara ini akan dihadiri sekitar 30 pemimpin dari seluruh dunia.

Setelah upacara itu, jasad Chavez kembali akan disemayamkan selama tujuh hari lagi sebab ribuan orang masih mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Hugo chavez.

"Saya datang sejak pagi untuk melihat Chavez, dia adalah idola saya," kata Henry Acosta (56).

Sementara itu, warga Venezuela lainnya, Berta Colmenares (77), di tengah isak tangis, mendukung Nicolas Maduro menjadi penerus Chavez.

"Saya akan memilih Maduro, siapa lagi? Dia adalah orang yang dipilih Chavez dan kami harus mengikuti keinginannya," kata Berta.

Di dalam peti jenazahnya, Chavez mengenakan pakaian militer lengkap dengan baret merah khas, seperti yang digunakannya saat berpidato pada 1992, yang melambungkan karier politiknya seusai gagal memimpin sebuah kudeta.

Sejumlah negara juga mengawetkan jenazah pemimpinnya, misalnya Lenin di Uni Soviet, Mao Tse Tung di China, serta Kim Il-Sung di Korea Utara.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com