Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Disangka Hilang akibat Tak Ganti Status Facebook

Kompas.com - 05/03/2013, 16:33 WIB
LIMA, KOMPAS.com — Ibu ini pasti sangat mencintai putranya. Begitu cintanya, saat putranya tidak memperbarui status Facebook-nya saat berlibur di Peru, sang ibu memohon Pemerintah Peru mencari putranya itu.

Gareth Hand (25) dan kekasihnya, Jamie Neal, tengah melakukan perjalanan empat bulan dengan sepeda di Amerika Selatan.

Di awal perjalanan keduanya rajin mengunggah foto mereka ke situs jejaring sosial Facebook. Selain mengunggah foto dan bertukar kabar, keduanya mengingatkan keluarganya bahwa mereka untuk beberapa saat akan sulit dihubungi saat mereka melintasi hutan.

"Kami akan bersepeda di negara lain dan akan sulit dihubungi selama empat bulan," demikian Jamie menulis status Facebook-nya pada November lalu sebelum terbang ke Buenos Aires, Argentina.

Pasangan yang berasal dari San Francisco, AS, itu terakhir kali menghubungi keluarganya pada 25 Februari lalu dan tak terdengar lagi kabarnya.

Francine Fitzgerald, ibunda Garrett, menjadi sangat khawatir akan keselamatannya dan menghubungi Pemerintah Peru untuk mencari putra tercintanya.

Pemerintah Peru menyanggupi permintaan Francine dan mengerahkan pencarian di seluruh penjuru negeri itu.

Pasangan kekasih itu kemudian bisa ditemukan dalam kondisi selamat. Sebelumnya manajer sebuah hotel di pedalaman Peru, Arco Iris Amazonica, mengatakan kepada polisi Garrett dan Jamie menginap di hotel itu pada 16 Februari dan akan pergi menuju Naplo, sebuah daerah tujuan wisata di sebelah selatan negeri itu.

Setelah ditemukan, militer Peru memastikan Garrett dan Jamie mengirim kabar dan mengunggah foto-foto mereka di sebuah pangkalan militer Peru, seperti diminta ibunda Garrett.

Menteri Perdagangan dan Pariwisata Peru Jose Luis Silva kepada Gawker.com mengatakan, pasangan itu begitu menikmati perjalanan mereka sehingga lupa untuk menghubungi keluarga.

"Keduanya sedang dimabuk cinta di Peru. Mereka mengunjungi banyak tempat dan sangat menikmati perjalanan sehingga mereka lupa berkomunikasi dengan keluarganya," ujar Jose Luis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com