Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Akan Buka Kembali Penyeberangan Barang di Gaza

Kompas.com - 04/03/2013, 11:24 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Israel mengatakan, pihaknya akan membuka kembali penyeberangan komersil Kerem Shalom ke Gaza selatan pada Senin, enam hari setelah penutupan sesudah sebuah roket ditembakkan dari wilayah kantung Palestina menghantam negara Yahudi itu.

"Karena penilaian keamanan telah diputuskan bahwa penyeberangan Kerem Shalom akan dibuka besok untuk angkutan barang," kata pernyataan badan kementerian pertahanan Israel yang mengkoordinasikan hal itu dengan Palestina, Minggu (3/2). "Ini pertama kalinya penyeberangan akan dibuka sejak serangan roket terakhir terhadap Ashkelon," sebuah kota di Israel selatan.

Israel telah menutup operasi penyeberangan komersial ke selatan Gaza dan membatasi akses ke Israel melalui persimpangan Erez setelah roket dari Gaza menghantam Israel, Selasa.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan mengatakan kepada AFP, bahwa Erez juga akan melanjutkan aktivitasnya secara normal pada Senin.

Serangan itu menandai pertama kalinya gerilyawan menembakkan proyektil di perbatasan lebih dari tiga bulan setelah kesepakatan gencatan senjata yang ditengahi Mesir, yang mengakhiri pertempuran mematikan selama delapan hari pada November lalu.

Para pejuang Gaza awalnya mengklaim mereka telah menembakkan roket sebagai respons terhadap kematian seorang tahanan Palestina di penjara Israel.

Perbatasan tetap tegang selama akhir pekan, dengan tiga warga Palestina terluka oleh tembakan Israel, dan tembakan dari Gaza mengenai kendaraan militer Israel. Empat warga Palestina tewas oleh tembakan Israel dan lebih dari 100 orang terluka sejak gencatan senjata 21 November antara negara Yahudi itu dan Hamas sebagai penguasa Gaza, demikian laporan terbaru Kantor PBB untuk Koordinasi Kemanusiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com