Rabu, 16 April 2014

News / Internasional

Para Kardinal Akan Tentukan Jadwal Konklaf

Jumat, 1 Maret 2013 | 20:40 WIB

Baca juga

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Para kardinal dari seluruh dunia, Jumat (1/3/2013), diundang untuk menentukan jadwal digelarnya konklaf untuk mencari pengganti Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri.

Pemimpin College of Cardinals, Angelo Sodano, mengirim undangan untuk menghadiri "kongregasi pra-konklaf" yang akan digelar pada Senin (4/3/2013) pukul 09.30 waktu setempat.

Saat semua kardinal sudah berkumpul di Vatikan maka mereka baru akan menentukan tanggal dilakukannya sidang konklaf untuk mencari pemimpin 1,2 miliar umat Katolik sedunia.

Sesuai aturan, hanya para kardinal yang berusia di bawah 80 tahun yang mempunyai hak memilih. Sebanyak 115 orang kardinal akan menggelar konklaf di Kapel Sistine yang terkenal dengan lukisan dinding karya Michaelangelo pada pekan pertama Maret.

Salah satu putusan terakhir Benediktus XVI adalah mempersilakan para kardinal untuk memajukan jadwal konklaf. Secara tradisional, konklaf digelar 15-20 hari setelah kursi paus kosong. Pertimbangan untuk mempercepat konklaf karena tidak ada masa berkabung saat ini di Vatikan.

Pertemuan awal para kardinal nantinya juga diharapkan bisa mengerucutkan nama para kandidat potensial untuk menjadi paus yang baru sebelum konklaf digelar.

Di antara para kandidat kuat terdapat Uskup Agung Milan, Kardinal Angelo Scola (72), dan mantan Uskup Agung Quebec, Marc Ouellet (67).


Editor : Ervan Hardoko
Sumber: