Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudan Kirim Pasukan ke Blue Nile

Kompas.com - 01/03/2013, 16:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Sudan mengirimkan ratusan tentara bantuan ke daerah Blue Nile yang kacau, kata media pemerintah Kamis (28/2/2013), setelah laporan-laporan pertempuran meletus di satu kota perbatasan yang strategis itu. "Batalyon 191 telah tiba di ibu kota negara bagian Blue Nil Ed Damazin dan dua batalyon lagi akan segera tiba," kata laporan Media Center Sudan yang dekat pada pihak instansi keamanan.
     
Media itu mengatakan tindakan itu bertujuan untuk "meningkatkan keamanan di Blue Nile...membersihkan negara bagian itu dari
pemberontak."
     
Para saksi mata juga melaporkan pesawat-pesawat tempur dan helikopter-helikopter aktif di daerah itu.
     
Sumber-sumber mengemukakan kepada AFP awal pekan ini bahwa pertempuran meletus di El Kurmuk, sekitar 240 kilometer selatan Damazin.
     
Pemberontak Gerakan-Utara Pembebasan Rakyat Sudan (SPLM-N), pada Minggu (24/2/2013) lalu mengklaim mereka telah memasuki daerah barat daya Kurmuk tetapi sejak itu hampir tidak ada komentar kecuali mengklaim pertempuran berlanjut di kota itu. Juru bicara militer Sudan Sawarmi Khaled Saad tidak bisa dihubungi untuk diminta komentar.
     
Hari Minggu lalu, ia membantah pemberontak berada dekat Kurmuk dan mengatakan klaim mereka adalah satu rekayasa yang bertujuan untuk merusak moral tentara.
     
Kurmuk, satu pusat perdagangan penting di perbatasan Ethiopia, adalah kota terbesar ketiga di Blue Nile dan berada dalam kekuasaan pemerintah sejak November 2011.
     
Pemerintah Sudan melarang keras akses ke Blue Nile dan Kordofan Selatan, dua negara bagian tempat SPLM-N  melakukan pemberontakan sejak tahun 2011. Khartoum menuduh Sudan Selatan mendukung SPLM-N tetapi Sudan Selatan membantah terlibat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com