Rabu, 22 Oktober 2014

News / Internasional

Lewat Pos, Lukisan Salvador Dali Kembali

Rabu, 27 Februari 2013 | 22:37 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Pria Yunani, Phivos Istavrioglou, mengaku mencuri lukisan karya Salvador Dali dari galeri lukisan di New York City, Amerika Serikat (AS). Dia pun mengaku sudah mengembalikan lukisan itu ke AS menggunakan jasa pos.

Kantor berita AP, Rabu (27/2/2013), melaporkan, Istavrioglou dinyatakan bersalah pada sidang pengadilan Selasa kemarin setelah ditahan karena mencuri lukisan berjudul Cartel de Don Juan Tenorio karya Salvador Dali.

Jaksa menegaskan, pria yang bekerja di penerbitan fesyen ini masuk ke galeri lukisan di Manhattan, New York, pada Juni lalu. Dia kemudian mengambil lukisan bernilai 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar itu, dan memasukan ke dalam tas belanja.

Dia kemudian mengirim kembali lukisan itu menggunakan jasa pos dari Yunani, setelah melihat laporan berita berkaitan dengan pencurian lukisan tersebut.

Dalam pembelaannya, Istavrioglou menegaskan, dia melakukan itu untuk menghindari hukuman penjara tambahan. Dia telah menyelesaikan hukuman resminya pada 12 Maret lalu. Dia juga harus membayar restitusi lebih dari 9.000 dollar AS.

Pengacara Istavrioglou menegaskan, apa yang dilakukan dengan mengirim lukisan dengan pos adalah tindakan paling bodoh yang dilakukannya.


Penulis: Pieter P Gero
Editor : Agus Mulyadi