Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri di Mali Utara, 6 Tewas

Kompas.com - 27/02/2013, 19:29 WIB

BAMAKO, KOMPAS.com - Seorang pengebom bunuh diri menabrakkan mobilnya yang penuh bahan peledak ke sebuah pos pemeriksaan di kota Kidal, wilayah utara Mali, Rabu (27/2/2013), menewaskan enam orang.

Penyerang menabrakkan mobilnya ke sebuah pos pemeriksaan yang dijaga  separatis Tuareg yang memilih bersekutu dengan Perancis dan Pemerintah Mali memerangi para pemberontak Islam.

"Serangan bom bunuh diri di pos pemeriksaan di Kidal dilakukan anggota MNLA (Gerakan Nasional Pembebasan Azawad)," kata seorang pejabat militer Perancis di kota Gao.

Sementara, sumber di rumah sakit menyebut korban tewas mencapai tujuh orang, termasuk pelaku, dan 11 orang lainnya terluka.

Gerakan Islam Azawd (MIA), sebuah kelompok bersenjata lain, mengatakan para pejuangnya juga tengah bertugas di pos pemeriksaan yang diserang itu.

"Pengebom bunuh diri yang melakukan ini," kata Alghabass Ag Intalla, yang kelompoknya membelot dari kelompok Ansar Dine yang terkait Al-Qaeda.

"Mereka melawan kami dan melawan pasukan Perancis," tambah Intalla.

Sedangkan seorang pejabat lokal yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan serangan itu terjadi di jalan raya yang menghubungkan Kidal dan Menaka.

"Semua orang di Kidal kini ketakutan. Bom bunuh diri kini terjadi di pusat kota Kidal. Ini sangat menakutkan, kami tak tahu berapa banyak lagi bom mobil akan terjadi," kata pejabat itu.

Kidal yang berjarak 1.530 km sebelah utara ibu kota Mali, Bamako terletak di dekat dataran tinggi Ifogha yang diyakini menjadi tempat persembunyian para pejuang Al-Qaeda setelah mereka dipukul mundur pasukan Perancis dari kota Kidal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com