Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan India Jual Bayi demi Pengobatan Suami

Kompas.com - 22/02/2013, 14:33 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Menyedihkan sekali nasib Shama Perveen, seorang penduduk Desa Isopur, Patna, India. Dia terpaksa menjual bayi perempuannya demi mendapatkan uang untuk pengobatan suaminya.

Shama, menjual bayi perempuannya, Nazia, yang baru berusia dua bulan kepada salah seorang warga desa dengan harga 5.000 rupee India atau sekitar Rp 900.000.

Ibu tiga anak ini terpaksa mengambil langkah ekstrem itu karena tak kunjung mendapatkan uang untuk mengobati suaminya, Sarfaraz, yang menderita gangguan pencernaan.

"Saya sudah mencoba mencari pinjaman uang ke semua orang di desa, tetapi tak seorang pun membantu. Saya tak punya pilihan lain selain menjual bayi saya untuk mendapatkan uang guna pengobatan suami saya," kata Shama.

"Saya sedih karena menjual anak perempuan saya. Namun, apa yang bisa saya lakukan? Tak ada jalan lain. Jika saya tak melakukan itu, suami saya akan meninggal. Dokter mengatakan, suami saya harus segera dioperasi dan biayanya 5.000 rupee," katanya.

"Saat hati saya sedih, saya pergi ke kediaman perempuan yang membeli bayi saya. Melihat bayi saya tidur di pangkuannya sudah cukup mengobati rasa rindu saya," kata Shama.

Suami Shama adalah seorang tukang cat yang mendapatkan nafkah saat mendapatkan pekerjaan mengecat bangunan. Namun, dalam beberapa bulan terakhir dia tak bisa bekerja karena sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com