Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Polusi, China Berencana Larang Barbekyu

Kompas.com - 21/02/2013, 17:26 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Demi mengurangi polusi udara akibat asap di langit kota Beijing, pemerintah China tengah mempertimbangkan untuk melarang kegiatan membakar daging atau barbekyu.

Kementerian Lingkungan China sudah merilis rancangan petunjuk yang menganjurkan kota-kota besar untuk menerbitkan aturan yang melarang semua kegiatan terkait barbekyu. Demikian kantor berita Xinhua melaporkan.

Langkah kontroversial ini diambil setelah polusi udara ekstrim yang mencengkeram Beijing dan sebagian besar wilayah China Utara bulan lalu. Akibat polusi udara ekstrim itu memicu rasa khawatir warga atas kesehatan mereka dan menyulut kemarahan warga.

Polusi di Beijing dituding berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara selain dari asap kendaraan bermotor. Akibatnya pemerintah sempat menghentikan operasional sejumlah pabrik untuk beberapa waktu.

Salah satu hal yang menurut Kementerian Lingkungan China ikut andil menghasilkan polusi udara adalah kegiatan barbekyu di ruang terbuka. Sehingga, pemerintah China menganjurkan warganya untuk mengurangi kegiatan itu demi mengurangi polusi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com