Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Benediktus Akan Percepat Proses Konklaf

Kompas.com - 21/02/2013, 15:46 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI kemungkinan besar akan menerbitkan dekret yang akan mempercepat proses konklaf untuk memilih Paus baru sebelum pertengahan Maret. Demikian pernyataan Vatikan, Rabu (20/2/2013).

"Paus tengah mempertimbangkan sebuah motu proprio (dekret) dalam beberapa hari ini untuk memperjelas sejumlah aspek tertentu terkait konklaf," kata juru bicara Vatican, Federico Lombardi.

Sejarawan Ambrogio Piazzoni mengatakan, Paus adalah satu-satunya orang yang bisa memutuskan hingga menit terakhir saat dia resmi meletakkan jabatan pada 28 Februari.

Sesuai dengan Konstitusi Gereja Katolik yang disebarluaskan Paus Yohanes Paulus II pada 1996, konklaf harus dimulai 15-20 hari setelah sede vacante atau kursi kosong kepausan.

Penundaan itu dilakukan untuk memberi waktu para kardinal di seluruh dunia datang ke Vatikan untuk melangsungkan pemilihan Paus baru.

Namun, dalam kasus Benediktus XVI, sudah banyak kardinal yang berada di Roma untuk mempersiapkan perpisahan dengan Paus.

Dalam proses konklaf nanti diharapkan 117 kardinal hadir dan bertemu di Kapel Sistine hingga dua pertiga dari mereka menyetujui nama Paus baru.

Diharapkan pada perayaan Paskah di akhir Maret nanti Gereja Katolik Roma sudah memiliki pemimpin baru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com