Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

London Kota Termahal untuk Sewa Kantor

Kompas.com - 21/02/2013, 12:32 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com London menyingkirkan Hongkong untuk meraih kembali mahkotanya sebagai tempat termahal di dunia untuk menyewa kantor. Untuk pertama kalinya sejak 2008, London kembali menduduki posisi teratas sebagai kota dengan biaya sewa kantor termahal di dunia.

Persaingan untuk mendapatkan ruang kantor berkualitas tinggi di London telah mendorong peningkatan harga sewa 2 persen di wilayah West End, membuat biaya sewa melebihi Hongkong, menurut laporan yang dirilis pada Selasa (19/2/2013) oleh perusahaan layanan real estat global, Cushman & Wakefield.

Sewa kantor di West End diperkirakan akan terus naik seiring membaiknya ekonomi, menurut Cushman & Wakefield.

Dengan 2.137 euro per meter persegi, harga sewa kantor di London, termasuk pajak dan biaya kebersihan dan layanan lainnya, lebih dari dua kali lipat di Paris, New York, dan Moskwa.

Daerah bisnis di Hongkong turun posisinya ke nomor dua. Daerah Zona Sul di Rio de Janeiro, Brasil, melompat dari posisi delapan ke posisi ketiga, dengan biaya sewa naik 43 persen dalam setahun terakhir, menurut laporan tersebut.

Secara global, biaya sewa bangunan kantor di daerah utama naik 3 persen, menurut laporan tersebut. Amerika Selatan, terutama Brasil dan Kolombia, berkontribusi besar terhadap pertumbuhan tersebut, sementara banyak pasar yang menderita karena ketidakpastian ekonomi yang masih berlanjut.

Wilayah-wilayah dengan harga sewa kantor termahal lainnya berturut-turut adalah Connaught Place, New Delhi; distrik bisnis pusat Tokyo; distrik bisnis pusat Moskwa; distrik bisnis pusat Beijing; Midtown, Madison, dan Fifth Avenue di New York; distrik bisnis pusat Sydney; dan distrik bisnis pusat Paris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com