Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Bahas Pembelian Rudal Rusia

Kompas.com - 21/02/2013, 08:04 WIB

SAO PAULO, KOMPAS.com Brasil, Rabu (20/2/2013), setuju memulai pembicaraan dengan Rusia terkait pembelian sejumlah batterei rudal darat-ke-udara. Kesepakatan itu tercapai pada pertemuan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev dan Wakil Presiden Brasil Michel Temer. Negosiasi terkait hal itu akan dimulai pada Maret mendatang, kata Kementerian Luar Negeri Brasil. Medvedev berada di Sao Paulo untuk menghadiri pertemuan tahunan komisi bilateral tingkat tinggi gabungan kelompok ekonomi negara berkembang pesat, BRICS, bersama Temer.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Brasil, kedua negara berkomitmen pada "pengembangan bersama produk pertahanan baru dan keikutsertaan perusahaan-perusahaan pertahanan strategis Brasil dalam proses produksi dengan alih teknologi penuh dan efektif".

Brasil ingin mengembangkan sebuah industri pertahanan dalam negeri, dan selama beberapa tahun terakhir membuat kontrak-kontrak pertahanan dengan alih teknologi penuh. Dengan demikian, negara itu bisa membuat senjata sendiri di masa mendatang.

Kementerian Pertahanan Brasil mengatakan, Brasilia tertarik membeli tiga baterai rudal darat-udara jarak sedang Pantsir-S1 dan dua baterai sistem rudal anti-pesawat portabel Rusia.

Kesepakatan itu dicapai setelah kunjungan Jenderal Jose Carlos de Nardi, Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Brasil, ke Moskwa pada akhir Januari. Saat itu, ia memimpin delegasi pejabat pemerintah dan perusahaan.

Presiden Brasil Dilma Rousseff juga membahas masalah itu selama kunjungannya ke ibu kota Rusia tersebut pada Desember. Belum ada pernyataan mengenai nilai kontrak itu.

Medvedev dan Rousseff mengadakan pembicaraan mengenai masalah-masalah pertahanan, energi, dan nuklir, serta pertemuan mendatang kelompok negara ekonomi maju G-20 dan kelompok negara ekonomi BRICS. Para pemimpin BRICS (Brasil, China, India, Rusia, dan Afrika Selatan) akan mengadakan pertemuan puncak di Durban, Afrika Selatan, pada Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com