Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Gas di Kota Kansas, 14 Terluka

Kompas.com - 20/02/2013, 11:27 WIB
KANSAS CITY, KOMPAS.com - Sebuah ledakan gas terjadi di kawasan perbelanjaan di kota Kansas, AS, Selasa (19/2/2013) malam, mengakibatkan setidaknya 14 orang terluka.

Seorang pejabat kota mengatakan kontraktor pembangunan diduga ikut menyebabkan terjadinya ledakan tersebut.

Sebelumnya, kepolisian Kansas mengatakan ledakan disebabkan sebuah mobil yang menabrak sebuah pipa gas sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Namun, pemadam kebakaran mengatakan tidak menemukan tanda-tanda adanya tabrakan di lokasi ledakan.

Sejumlah saksi mata menyatakan mereka melihat tanda yang menunjukkan tengah terjadi pekerjaan perbaikan di kawasan tersebut.

Sersan Tony Sanders dari Kepolisian Kansas mengatakan manajer restoran JJ yang hancur akibat ledakan tak bisa memastikan kondisi tiga orang tamu yang ada di dalam rumah makannya itu. Belum diketahui apakah ketiga orang itu terjebak dalam ledakan atau sudah pergi sebelum insiden itu terjadi.

"Hal pertama yang harus kita pikirkan adalah warga yang terluka," kata Wali Kota Kansas Sly James sambil menambahkan pemerintah sudah bekerja sama dengan Missouri Gas Energy.

Rumah Sakit Universitas Kansas menyatakan tengah merawat lima orang korban luka akibat ledakan itu.

"Satu orang dalam kondisi kritis. Dua orang dalam kondisi serius, dua orang lainnya tak lama lagi bisa meninggalkan rumah sakit," kata juru bicara rumah sakit, Bob Hallinan.

"Semua korban menderita patah tulang dan bukan luka bakar atau gangguan pernafasan akibat menghirup asap," tambah Hallinan.

Sementara itu, Rumah Sakit St Luke yang berada tak jauh dari lokasi ledakan mengatakan sejumlah korban dikirim ke rumah sakit itu.

"Semua korban berada dalam kondisi serius," kata juru bicara RS St Luke, Kerry O'Connor.

Sejauh ini, belum diperoleh keterangan terkait masalah ini dari Missouri Gas Energy, perusahaan penyedia pasokan gas di Negara Bagian Missouri.

Kawasan perbelanjaan Kansas ini dibangun pada 1922, terinspirasi arsitektur kota Sevilla, Spanyol. Di kawasan ini terdapat deretan toko, rumah-rumah makan, apartemen dan perkantoran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com