Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Jatuhnya Meteorit, Chelyabinks Minta Bantuan

Kompas.com - 19/02/2013, 17:48 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Pemerintah wilayah Chelyabinks, Rusia, meminta bantuan dana sebesar 16,6 juta dollar AS atau sekitar Rp 160,6 miliar kepada Pemerintah Federal Rusia untuk biaya perbaikan pasca-jatuhnya meteorit pekan lalu.

"Kami sudah mengajukan permohonan bantuan sebesar 500 juta rubel kepada pemerintah federal. Namun, kerugian di lapangan ternyata lebih besar," kata Gubernur Chelyabinks, Mikhail Yurevich, Selasa (19/2/2013).

Meteorit yang melintasi kawasan di pegunungan Ural itu mengakibatkan kaca dan sebagian dinding di 4.175 bangunan—terutama permukiman—rusak. Sementara lebih dari 1.200 orang terluka karena serpihan kaca.

"Sebenarnya, total kerugian mencapai 1 miliar rubel (Rp 312 miliar)," tambah Yurevich.

"Kerusakan yang saya sampaikan belum termasuk kerusakan yang diderita sektor swasta dan sektor ekonomi lainnya," sambung Yurevich.

Hingga Senin (18/2/2013), pemerintah setempat sudah memperbaiki kaca di sekitar 3.500 bangunan. Sementara itu, Pemerintah Rusia meminta para pengusaha tidak mengambil untung dari kebutuhan kaca yang meningkat di Chelyabinks dan sekitarnya pasca-jatuhnya meteorit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com