Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawanan X Israel Bocorkan Rahasia Mossad

Kompas.com - 19/02/2013, 14:23 WIB

Israel diam-diam memenjarakan seorang pria Australia yang bekerja untuk badan intelijen Mossad karena menduga ia telah membocorkan rincian pekerjaannya, seperti dilaporkan sebuah program berita Australia.

ABC News mengatakan, Ben Zygier dicurigai Israel telah memberikan informasi kepada badan keamanan Australia mengenai operasi Mossad. Pekan lalu, ABC mengidentifikasi Zygier sebagai Tawanan X Israel, yang keberadaannya tidak pernah diakui Israel.

Ia dilaporkan gantung diri beberapa bulan setelah kasusnya mengemuka pada 2010.

Laporan dalam program "Foreign Correspondent" ABC yang mengidentifikasi Zygier menjadi subyek debat media panas di Israel, setelah Israel mengeluarkan perintah tutup mulut untuk mencegah publikasi rincian cerita ini.

Pembatasan kemudian dilonggarkan dan sejumlah anggota parlemen Israel meminta diakhirinya praktik sensor media di negara itu.

Misi Italia

Menurut laporan Foreign Correspondent terakhir, Zygier bertemu dengan sejumlah agen dari Organisasi Intelijen Keamanan Australia (Asio) dan menceritakan tentang operasi rahasia yang ia lakukan.

Program itu mengatakan, salah satu operasi adalah misi super-rahasia di Italia, di mana Zygier mengajukan permohonan visa kerja.

Foreign Correspondent mengatakan, Zygier mengganti namanya beberapa kali dan memiliki beberapa paspor yang ia gunakan untuk pekerjaan Mossad di Eropa dan Timur Tengah.

Program itu juga mengklaim, ia mendirikan perusahaan komunikasi di Eropa untuk Mossad yang mengekspor komponen-komponen elektronik ke negara-negara Arab dan Iran.

Israel, dan sejumlah negara Barat serta kekuatan lain, menuduh Iran mengembangkan senjata nuklir, tuduhan itu telah disangkal oleh Iran.

ABC mengatakan, Mossad mengetahui Zygier berkomunikasi dengan agen Asio dalam salah satu kunjungan ke Australia.

Ia diyakini ditangkap pada 2010 dan dipenjara secara rahasia di fasilitas dengan pengamanan maksimum, yaitu penjara Ayalon.

Hari Minggu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membela pentingnya menjaga informasi agar tidak bocor kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com