Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Bersenjata Culik Tujuh Pekerja Asing di Nigeria

Kompas.com - 18/02/2013, 12:34 WIB

ABUJA, KOMPAS.com - Sekelompok orang bersenjata menyerbut sebuah lokasi konstruksi di kota Jama'are, Negara Bagian Bauchi, Nigeria dan menculik tujuh pekerja asing dan membunuh seorang petugas keamanan. Demikian Kepolisian Bauchi, Senin (18/2/2013).

Polisi menambahkan dalam serangan yang terjadi Sabtu (16/2/2013) malam itu, empat warga negara Lebanon, satu Italia dan seorang warga Yunani dipastikan di antara warga asing yang diculik.

"Dari laporan yang kami terima, ada tujuh orang yang disandera, yaitu empat warga Lebanon, satu Italia, seorang Inggris dan seorang Yunani," kata juru bicara Kepolisian Bauchi, Hassan Auyo.

Meski polisi setempat sudah menyebutkan salah seorang sandera berkebangsaan Inggris, namun belum diperoleh konfirmasi dari pemerintah Inggris soal masalah ini.

"Kami sudah mendengar kabar ini dan masih melakukan kontak dengan pemerintah setempat," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Inggris.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Lebanon menyatakan hanya dua warganya yang disandera, bukan empat orang seperti dikemukakan kepolisian Nigeria.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Yunani Dimitris Avramopoulos mengatakan dirinya sudah menghubungi Menlu Italia untuk membicarakan respon terhadap masalah.

Dimitris menambahkan sebuah pesawat terbang sudah disiapkan untuk mengirimkan bantuan dari Athena ke Yunani jika diperlukan.

Lokasi pembangunan yang diserbua adalah milik Setraco Nigeria, sebuah perusahaan konstruksi yang merupakan anak perusahaan dari Setraci International Holding Group yang berpusat di Lebanon.

Negara Bagian Bauchi, adalah satu dari beberapa negara bagian di utara Nigeria yang kerap mengalami aksi serangan kelompok Boko Haram. Namun belum dapat dipastikan apakah Boko Haram ada di belakang penculikan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com