Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejahatan "El Chapo" Guzman Lampaui Al Copone

Kompas.com - 16/02/2013, 04:47 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com "El Chapo" Guzman singkirkan Al Capone! Chicago telah menyatakan, raja obat bius Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman, menjadi musuh publik nomor satu kota itu.

Bos kartel narkotika sangat berpengaruh dari Sinaloa itu, yang nama julukannya berarti "Si Kerdil" dalam bahasa gaul Meksiko, menjadi penjahat kedua yang digelar sebagai musuh utama kota itu.

Guzman, kata Komisi Kejahatan Chicago, "telah melampaui pembantaian dan kehancuran sosial yang disebabkan Capone." Gembong tersebut dituduh sedang menggunakan Chicago "sebagai pusat perdagangan narkotikanya untuk kawasan Midwest."

Guzman, yang telah berhasil masuk daftar para miliader majalah Forbes, pernah ditangkap di Guatemala pada 1993, tetapi melarikan diri dari penjara Meksiko tahun 2001 dengan bersembunyi di dalam keranjang cucian.

Kartelnya diduga telah memperdagangkan 1,5 hingga 2 ton kokain melalui Chicago per bulan, dan ia dicari di Chicago terkait tuduhan konspirasi perdagangan narkotika internasional bersama 35 terdakwa lainnya, kata komisi tersebut.

Menteri Dalam Negeri Meksiko Miguel Angel Osorio Chong, Jumat (15/2/2013), mengatakan bahwa menangkap Guzman "merupakan tujuan paling penting" dari pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto, yang mulai berkuasa pada Desember lalu. "Namun, kami tidak mengabaikan (bandar narkotika) yang lain dan karena alasan itu, kami melihat masalah ini sebagai persoalan regional karena ada orang-orang lain yang menghasilkan banyak masalah dan kekerasan," kata Osorio Chong kepada radio MVS.

Sindikat Sinaloa, yang namanya berdasarkan nama negara bagian yang terletak di bagian barat Meksiko, telah terlibat dalam perang terbuka brutal di Meksiko melawan kartel Zetas. Lebih dari 70.000 orang tewas dalam kekerasan terkait narkotika di Meksiko sejak tahun 2006, ketika Presiden Felipe Calderon saat itu mengerahkan tentara federal untuk memerangi kartel.

Komisi Kejahatan Chicago merupakan sebuah lembaga independen. Komisi itu didirikan tahun 1919 sebagai sebuah kelompok pengawas yang didukung dunia usaha. Komisi tersebut memberikan julukan musuh publik kepada Al Capone pada tahun 1930, dan belum ada orang lain yang diberi julukan yang sama, sampai hal itu diberikan kepada Guzman.

Capone yang berbasis di Chicago adalah salah satu gangster AS terkenal selama periode pelarangan alkohol tahun 1920-1933. Dia dihukum karena tuduhan penggelapan pajak tahun 1931, dipenjara dan dibebaskan dari penjara tahun 1939. Namun dia tidak pernah kembali ke Chicago dan meninggal di Florida tahun 1947.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com