Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Pemakaman Bocah Gaza Menang World Press Photo 2013

Kompas.com - 15/02/2013, 18:46 WIB

KOMPAS.com — Warga Gaza membawa jenazah kakak beradik Suhaib Hijazi (2 tahun) dan Muhammad (3 tahun), yang tewas di rumah mereka yang hancur dalam serangan rudal Israel, 20 November 2012. Ayah mereka, Fouad, juga tewas dan ibu mereka harus dirawat intensif.

Foto direkam fotografer Paul Hansen asal Swedia dan dinobatkan sebagai foto terbaik World Press Photo 2013. Lihat para pemenang kategori lainnya di sini.

"Kekuatan gambar terekam kontras, kemarahan dan kesedihan orang dewasa dengan kepolosan anak-anak," kata Mayu Mohanna, anggota juri dari Peru. "Foto ini tidak akan saya lupakan."

Fotografer AFP Fabio Bucciarelli dari Italia dan Javier Manzano dari Amerika Serikat memenangi penghargaan kedua dan ketiga dalam kategori Berita Spot yang masing-masing membuat dengan serangkaian foto pertempuran di Suriah.

Salah satu foto Fabio Bucciarelli adalah pejuang pembebasan Suriah berdiri di atap bersiap-siap melemparkan granat. Sementara salah satu foto Manzano menunjukkan sinar matahari menembus dari lubang bekas peluru menyinari para pejuang pemberontak.

Salah seorang fotografer asal Indonesia juga masuk sebagai pemenang di ajang bergengsi ini, yaitu Ali Lutfi, yang mendapat penghargaan kedua untuk kategori Alam. Dia memotret topeng monyet yang sedang menghibur pengendara di jalan yang sibuk di Jawa Tengah. Monyet bernama Mimin mengenakan masker yang terbuat dari kepala boneka. Monyet dibeli di pasar lokal dilatih selama enam bulan untuk melakukan trik dan bermain gitar.

World Press Photo tahun ini menerima 103.481 foto yang dikirim 5.666 fotografer dari 124 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com