Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meteor Diduga Jatuh ke Dalam Sebuah Danau

Kompas.com - 15/02/2013, 16:14 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah meteor yang jatuh dan meledak di Chelyabinks, Rusia Tengah, Jumat (15/2/2013) pagi diduga jatuh ke dalam sebuah danau di wilayah Chelyabinks.

"Meteorit yang melitasi Chelyabinks jatuh ke dalam danau sekitar satu kilometer dari kota Cherbakul," demikian pernyataan yang muncul di situs resmi GUbernur Chelyabinks, Mikhail Yurevich.

Pemerintah Rusia menyatakan 500 orang terluka akibat pecahan meteroit yang melintas itu. Sebagian besar korban menderita luka karena terkena serpihan kaca.

Lima korban lain kini masih mendapatkan perawatan intensif dan tiga di antaranya dalam kondisi kritis. Demikian juru bicara Kementerian Dalam Negeri Rusia.

Sementara itu, para petugas di Kazakhstan juga mengatakan tengah mencari dua obyek tak dikenal yang jatuh di Provinsi Aktobe.

Serpihan meteorit itu, sejauh ini sudah ditemukan di Chelyabinks, Tyumen, Kurgan dan Sverdslovsk semuanya di Rusia Tengah dan di Kazakhstan.

Insiden seperti ini sangat jarang terjadi di Rusia. Pada 1908, sebuah meteorit jatuh dan menghancurkan kawasan seluas 2.000 km persegi di kawasan Siberia. Akibat jatuhnya meteorit itu, kaca-kaca bangunan yang berada 200 km dari lokasi jatuhnya meteorit, pecah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com