Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Klub Malam Digugat Beri Kompensasi

Kompas.com - 15/02/2013, 10:55 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com — Sebuah perusahaan swasta mengajukan gugatan hukum terkait kebakaran fatal yang menewaskan 239 orang pengunjung klub malam Kiss di kota Santa Maria, Brasil, beberapa waktu lalu.

Grup Anecol menuntut ganti rugi 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 14,5 miliar untuk tiap keluarga dari korban tewas akibat tragedi mengenaskan itu.

Gugatan hukum ini ditujukan untuk pemilik klub malam Kiss dan anggota band yang diduga menjadi pemicu terjadinya kebakaran pada 27 Januari lalu.

Selain itu, Grup Anecol juga menuntut ganti rugi sebesar 150.000 dollar AS untuk 100 orang yang terluka. Demikian disampaikan seorang pengacara, Walter Martins.

Polisi menduga kebakaran itu diawali aksi grup musik yang menyalakan obor yang sebenarnya memang dirancang untuk digunakan dalam acara di luar ruangan.

Selain itu, dari hasil penyelidikan polisi, klub ini tak memenuhi syarat untuk menampung pengunjung yang terlalu banyak dan hanya memiliki satu pintu keluar. Sejumlah saksi mata juga mengatakan, peralatan pemadam kebakaran milik klub itu juga tidak bekerja.

Tragedi klub malam Santa Maria ini menjadi pukulan menyakitkan bagi Brasil yang tengah bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com