Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pistol James Cook Terjual Rp 2,1 Miliar

Kompas.com - 15/02/2013, 05:55 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Pistol yang dahulu dimiliki penjelajah Inggris, Kapten James Cook, laku terjual seharga 219.000 dollar Australia atau sekitar Rp 2,1 miliar, melewati perkiraan balai lelang.

Pistol bermerek Continental Flintlock dibuat oleh produsen senjata Belanda, Godefroi Corbau Le Jeune. "Pistol itu dibeli seorang pembeli dari Victoria," ujar Cassandra Hilber di rumah lelang Leski.

"Selain dari Australia, banyak orang Selandia Baru yang tertarik," ujarnya.

Cook tiba di pantai Australia pada April 1770 setelah menelusuri pantai Selandia Baru. Pada Agustus, dia menancapkan bendera Inggris di Pulau Possession di sebelah utara Queensland.

Tidak diketahui apakah Cook membawa pistol itu ketika menjejakkan kaki pertama kali di daratan Australia. Setelah tiba di Australia, Cook membuat dua ekspedisi ke kawasan Pasifik dan terbunuh di Hawaii pada 1779. Pistol itu berada di tangan keluarga Cook selama lebih dari dua abad sebelum dibeli oleh mantan Wali Kota Melbourne Ron Walker dalam lelang di Edinburgh pada 2003. (Reuters/Joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com