Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Kandidat Kuat Penerus Benediktus XVI

Kompas.com - 12/02/2013, 14:31 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Nama empat orang kardinal muncul sebagai kandidat kuat pengganti Paus Benediktus XVI yang secara mengejutkan menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya.

Keempat kandidat kuat itu adalah Kardinal Angelo Scola, Kardinal Peter Turkson, Kardinal Marc Ouellet, dan Kardinal Francis Arinze.

Munculnya nama Kardinal Arinze dari Nigeria dan Kardinal Turkson dari Ghana memunculkan harapan bahwa Gereja Katolik Roma akan memilih paus berkulit hitam untuk pertama kalinya.

Umat dan para petinggi Gereja Katolik di Afrika menyambut gembira kabar ini dan berharap paus yang baru nanti berasal dari Afrika.

"Saya kira sudah saatnya kami memilih orang di luar belahan utara kali ini. Sebab, banyak kardinal potensial dari seluruh dunia," kata Kardinal Wilfrid Napier dari Afrika Selatan.

Sedangkan Kardinal Theodore Adrien Sarr dari Senegal mengatakan, sudah sejak lama dirinya membayangkan akan terpilihnya paus dari Afrika.

"Tetapi, apakah Gereja Katolik siap memiliki seorang paus dari Afrika? Apakah seluruh dunia akan menerima paus dari Afrika?" kata Kardinal Sarr.

Vatikan memastikan prosesi konklaf atau pemilihan paus baru akan dilangsungkan pada Maret mendatang sehingga pada perayaan Paskah nanti umat Katolik sedunia sudah akan memiliki pemimpin baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com