Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Din: Paus Tokoh Yang Menjembatani Katolik-Islam

Kompas.com - 12/02/2013, 03:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin tidak menyangka Paus Benediktus XVI mengundurkan diri dari jabatannya karena usia tua sebagaimana diumumkan, Senin (11/2/2013).

"Saya kaget karena sebelumnya tidak ada isyarat pengunduran diri. Sebenarnya pengunduran diri Paus pernah ada tahun 1400. Ini kali pertama di abad modern. Biasanya sampai akhir hayat," kata Din kepada Tribunnews, Jakarta, Senin malam.

Din sendiri menuturkan memiliki pengalaman historis dengan Paus Benediktus XVI.

Din bertemu empat kali dengan Paus dalam rangka forum Katolik-Islam. "Saya kebetulan bertemu Paus empat kali. Sekali di Napoli (Italia) menghadiri konferensi Katolik-Muslim. Lainnya di Vatican Forum," kenang pemilik nama lengkap Sirajuddin Syamsuddin itu.

Din pun tak sungkan memuji sikap Paus yang dinilainya berperan besar dalam menjembatani komunikasi Katolik dan Islam. "Saya mengetahui bahwa Paus cukup baik. Beliau seorang teolog, khususnya dengan menjalin komunikasi aktif dunia Islam dengan Katolik seperti forum Katolik-Muslim," katanya.

Paus sebelumnya memang sempat melontarkan pernyataan kontroversial menyangkut jihad (2006). Namun, terlepas dari itu, Din tetap menilainya tokoh yang baik. "Saya berharap penggantinya dapat melanjutkan langkah-langkah tersebut," harapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com