Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilihan Paus Baru Sebelum Akhir Maret

Kompas.com - 11/02/2013, 18:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Konklaf atau pemilihan Paus baru seturut tradisi Gereja Katolik Roma digelar sebelum akhir Maret 2013 menyusul realisasi pengunduran diri Paus Benediktus XVI pada Kamis (28/2/2013).

Sebagaimana warta AP pada Senin (11/2/2013), Paus yang kini berusia 85 tahun tersebut mengumumkan pengunduran dirinya pada pertemuan dengan para kardinal. "Paus mengumumkan pengunduran dirinya dalam Bahasa Latin," tulis AP.

Seturut catatan terkumpul, pada 1415, Paus Gregorius XII mengundurkan diri dari jabatannya. Kebijakan ini diambil untuk mengakhiri Schisma Barat saat muncul Paus tandingan lantaran perpecahan politik di Eropa yang ikut menyeret Gereja Katolik Roma.

Konklaf lazimnya dilakukan setelah seorang Paus meninggal dunia. Vatikan masih mempertahankan asap yang keluar dari Basilika Santo Petrus. "Kita punya Paus baru!"begitu biasanya warga masyarakat yang melihat kepulan asap sebagai penanda berakhirnya konklaf dan terpilihnya Paus baru. 

Benediktus XVI menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang meninggal dunia pada 2005 silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com