Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Koleksi Museum Louvre Dirusak Pengunjung

Kompas.com - 08/02/2013, 16:40 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Museum Louvre, Perancis terpaksa menutup salah satu galerinya, Jumat (8/2/2013), setelah seorang perempuan merusak salah satu lukisan karya Delacroix dengan mencoretnya menggunakan spidol berwarna hitam.

Perempuan berusia 28 tahun itu  ditangkap seorang pengunjung museum pada Kamis (7/2/2013) malam, setelah menulis "AE911" di atas lukisan "Liberty Leading the People", yang ditampilkan di cabang museum Louvre yang baru dibuka di kota Lens.

Sejauh ini belum terungkap apa arti tulisan "AE911" yang ditulis perempuan itu.
Polisi kini sudah menahan si perempuan.

Manajemen Museum Louvre dalam pernyataan resminya mengatakan seorang pakar restorasi lukisan sudah dikirim untuk memperbaiki lukisan itu. Pihak museum yakin, kerusakan yang dialami lukisan itu tidak terlalu parah.

Seorang jaksa dari kota Bethune yang menangani kasus ini menyatakan dia sedang meminta bantuan seorang psikiatris untuk memeriksa kesehatan mental perempuan itu.

Jaksa itu mengatakan kondisi psikologi gadis itu terlihat "kurang seimbang". Sejauh ini belum terungkap alasan perempuan itu melakukan perbuatannya.

Lukisan Delacroix itu dibuat untuk merayakan Revolusi Juli Perancis pada 1830. Lukisan itu menampilkan seorang perempuan yang melambangkan Liberty (kemerdekaan) memimpin rakyat sambil maju berjalan di atas tumpukan mayat sambil menggenggam bendera Perancis di satu tangan dan sebuah senapan berbayonet di tangan lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com