Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Penyihir, Perempuan Dibakar hingga Tewas

Kompas.com - 07/02/2013, 15:58 WIB

PORT MORESBY, KOMPAS.com — Seorang perempuan di Papua Niugini disiksa lalu dibakar hidup-hidup setelah dituduh menggunakan sihir saat membunuh seorang anak laki-laki.

Seorang ibu berusia 20-an, yang diketahui bernama Keipari Leniata, ditelanjangi, diikat, kemudian disiram bensin oleh keluarga anak laki-laki yang mati itu. Akhirnya, perempuan itu dibakar di hadapan ratusan orang. Kejadian tragis ini terjadi di Mount Hagen di Provinsi Western Highland, demikian harian National. Sayangnya, polisi dan pemadam kebakaran tak bisa mencegah perbuatan brutal itu.

Sementara itu, harian The Post Courier melaporkan, polisi dan pemadam kebakaran kalah jumlah dibandingkan dengan massa yang marah. Massa bahkan mengusir polisi dari tempat itu. Kepala Polisi Provinsi Western Highland Superintendent Kaiglo Ambano mengatakan bahwa polisi kini menangani kasus itu sebagai kasus pembunuhan dan akan menahan mereka yang bertanggung jawab.

Di sejumlah negara di kawasan Pasifik, sebagian penduduk masih memercayai bahwa kematian dan penyakit misterius adalah ulah penyihir. Beberapa laporan menyebut sejumlah orang, biasanya perempuan, dibunuh karena dituduh menjadi penyihir.

Seorang pemuka agama setempat, Pendeta David Piso, mengatakan, pembunuhan terkait isu penyihir merupakan sebuah masalah besar. Dia menyerukan agar pemerintah segera menghentikan kebrutalan ini.

Sementara itu, Kedutaan Besar AS di ibu kota Port Moresby mengecam pembunuhan itu sebagai sebuah kejahatan brutal. "Tak ada pembenaran atas kejahatan seperti ini. Kami harap pemerintah segera menyelidiki, menangkap, dan menghukum pelaku pembunuhan Leniata," demikian pernyataan Kedubes AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com