Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Bom Bunuh Diri Serang Kedubes AS

Kompas.com - 01/02/2013, 19:36 WIB

ANKARA, TURKI.com - Seorang perwira kepolisian Turki mengatakan seorang terduga pelaku bom bunuh diri meledakkan bahan peledak di pintu masuk Kedutaan Besar AS di ibu kota Turki, Ankara, Jumat (1/2/2013), menewaskan sedikitnya dua orang.

Seorang wartawan kantor berita Associated Press melihat sesosok mayat di ruas jalan di depan pintu masuk kedutaan besar.

Bahan peledak itu kemungkinan besar meledak di dalam pos pemeriksaan di bagian pendaftaran visa kantor kedutaan besar.

Sejumlah ambulans sudah dikerahkan ke lokasi ledakan. Wartawan AP melihat setidaknya satu orang perempuan terluka parah yang dibawa ke dalam salah satu ambulans.

Sementara itu, stasiun televisi lokal NTV melaporkan dua orang penjaga yang bertugas di pintu masuk kedubes menjadi korban tewas.

Kantor kedutaan besar AS memiliki penjagaan yang sangat ketat. Kantor ini berada di dekat sejumlah kedubes antara lain kedubes Jerman dan Perancis. Polisi kini sudah menutup lokasi ledakan dan melarang wartawan untuk masuk.

Sejauh ini belum ada satupun kelompok yang menyatakan bertanggung jawab, namun kelompok pemberontak Kurdi dan sejumlah kelompok militan diketahui beroperasi aktif di Turki.

Pada 2003, kelompok militan yang terkait Al-Qaeda melakukan aksi bom bunuh diri di Istanbul, menewaskan 58 orang. Saat itu mereka mengincar kantor konsulat Inggris, sebuah bank Inggris dan sebuah Sinagoga.

Pada 2008, sebuah serangan yang diduga dilakukan kelompok yang berafiliasi dengan Al-Qaeda terjadi di luar gedung konsulat AS di Istanbul. Dalam baku tembak tiga penyerang dan tiga orang polisi tewas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com