Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Ambruk di China, 26 Tewas

Kompas.com - 01/02/2013, 13:26 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Sedikitnya 26 orang tewas di Provinsi Henan, China, Jumat (1/2/2013), setelah jembatan runtuh akibat sebuah truk pengangkut kembang api yang melintasi jembatan itu meledak.

Radio Nasional China melaporkan, truk itu tiba-tiba meledak saat melintasi jembatan. Akibat ledakan itu, sebuah bagian sepanjang 80 meter runtuh dan membuat enam kendaraan jatuh.

Proses penyelamatan hingga saat ini masih berlangsung. Petugas penyelamat masih mencoba mencari korban yang tertimbun reruntuhan jembatan.

Jembatan itu termasuk dalam jalur jalan tol G30, yang terentang sepanjang 4.400 kilometer dari perbatasan barat China dan Kazakhstan hingga ke Laut Kuning di sebelah timur. Jalan ini adalah yang terpanjang di China.

Sebagian besar jalan raya di China saat ini sedang dipadati ratusan juta warga yang tengah bersiap untuk mudik, sebagai bagian dari hari libur terpenting di China, Tahun Baru Imlek.

Masa menjelang tahun baru ini juga menjadi puncak dari produksi kembang api. Dalam tradisinya, warga China membeli kembang api sebagai bagian dari merayakan datangnya tahun baru.

Menurut data pemerintah, setiap tahun sebanyak 70.000 orang tewas dan 300.000 lainnya cedera dalam kecelakaan lalu lintas di berbagai belahan negeri China.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com