Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswi yang Tampil di Pelantikan Obama, Tewas Ditembak

Kompas.com - 31/01/2013, 11:55 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Seorang siswa berusia 15 tahun anggota marching band yang tampil dalam pelantikan Presiden Barack Obama belum lama ini, tewas ditembak orang tak dikenal di Chicago.

Kepolisian Chicago mengatakan Hadiya Pendleton -nama gadis itu- ditembak di bagian punggungnya, Selasa (29/1/2013), di sebuah taman di sisi selatan kota. Hadiya sempat dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tak tertolong.

Saat ditembak, Hadiya tengah berteduh di bawah sebuah kanopi karena hujan deras. Tiba-tiba seorang laki-laki melompati pagar dan langsung menembaki anak-anak itu.

Si penembak dilaporkan meninggalkan lokasi penembakan yang hanya berjarak 1,5 km dari kediaman Presiden Obama, dengan menggunakan sebuah mobil. Sejauh ini polisi belum menahan seorangpun tersangka.

Polisi yakin Hadiya bukanlah target penembakan. Seorang perwira polisi Gary McCarthy menduga penembak adalah seorang anggota geng yang mengira Hadiya adalah anggota geng rival yang berkeliaran di wilayah kekuasaannya.

Untuk mendapatkan informasi soal si penembak, polisi akan memberikan hadiah uang sebesar 11.000 dolar AS atau lebih dari Rp 100 juta bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi penting soal tersangka penembakan.

Sementara itu, juru bicara Gedung Putih Jay Carney menyampaikan rasa bela sungkawa dari Presiden Barack Obama.

"Seperti sudah dikatakan Presiden, kami tidak akan mampu membasmi semua kejahatan di negeri ini. Namun, jika kami bisa menyelamatkan satu saja nyawa anak-anak, maka kami berkewajiban untuk mencobanya apalagi ini terkait dengan kekerasan senjata api," kata Carney.

Angka pembunuhan di Chicago sepanjang 2012 mencapai angka di atas 500 kasus. Bahkan di bulan Januari ini, sudah terjadi 42 pembunuhan di Chicago. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari angka kasus pembunuhan bulan Januari sepanjang lebih dari satu dekade.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com