Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Terbang Jatuh di Kazakhstan, 20 Tewas

Kompas.com - 29/01/2013, 17:38 WIB

ALMATY, KOMPAS.com - Sebanyak 20 orang penumpang dan kru maskapai SCAT Airlines Kazakhstan tewas setelah pesawat jenis Bombardier itu jatuh tak jauh dari bandara Almaty akibat kabut tebal, Selasa (29/1/2013).

"20 orang ada di dalam pesawat - lima kru dan 15 penumpang," demikian pernyataan resmi SCAT Airlines seperti dikutip kantor berita Interfax.

"Berdasarkan laporan awal, tak ada penumpang yang selamt," tambah pernyataan itu sambl menambahkan pesawat yang jatuh adalah Bombardier CRJ-200 buatan Kanada.

SCAT Airlines mengatakan pesawat itu jatuh sekitar lima kilometer dari bandara Almaty setelah menempuh perjalanan dari kota Kokshetau di wilayah utara negeri itu.

Stasiun televisi KTK melaporkan pesawat itu jatuh di pinggiran kota Almaty namun tidak menyebutkan kemungkinan korban tewas di antara warga.

Kecelakaan ini terjadi hanya sebulan setelah sebuah kecelakaan pesawat terbang menewaskan 27 orang, sebagian besar korbannya adalah pejabat Badan Pengelola Perbatasan Kazakhstan.

Kecelakaan pesawat terbang kerap terjadi di negara-negara bekas Uni Soviet. Penyebab utamanya adalah usia tua pesawat terbang dan tak adanya onderdil pengganti sejak runtuhnya Uni Soviet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com