Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Kecam Vonis "Ringan" Perencana Serangan Mumbai

Kompas.com - 25/01/2013, 14:50 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri India Salman Khursid menyatakan, hukuman 35 tahun penjara untuk warga negara Amerika Serikat yang terlibat penyerangan Mumbai tahun 2008 tidaklah cukup, Jumat (25/1/2013).

Salman melanjutkan, ia tetap menginginkan ekstradisi David Coleman Hadley (52) dari AS.

"Jika kami yang mengadili dia, kami akan memberi hukuman lebih berat. Namun, hakim terikat dengan sistem hukum yang dijalankan di AS," kata Salman Khursid dalam wawancara dengan jaringan televisi India, CNN-IBN.

"Ini baru awalnya. Jalan masih panjang dalam menyampaikan sebuah pesan bahwa tindakan seperti itu tak dapat ditoleransi," tutur Khursid.

Terkait dengan isu ekstradisi Headley, Khursid mengatakan bahwa India secara konsisten terus mendesak keinginan tersebut kepada Washington.

AS setuju tidak mengekstradisi Headley ke India setelah Headley bersedia bekerja sama dengan aparat keamanan AS. Headley ditangkap pada 2009 di Chicago sesaat sebelum naik pesawat menuju Pakistan.

November tahun lalu, India mengeksekusi mati Mohammed Ajmal Kasab (25), satu-satunya pelaku penyerangan Mumbai yang selamat. Serangan Mumbai pada 2008 terjadi selama tiga hari dan menewaskan 166 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com