Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Kirim Pesan Twitter dalam Bahasa Latin

Kompas.com - 21/01/2013, 08:20 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com Paus Benediktus mengirimkan pesan pertama dalam bahasa Latin melalui jejaring sosial Twitter. Dalam pesan Twitter-nya, Paus mengatakan, untuk meraih kesatuan umat Kristiani, jemaah perlu terus berdoa.

Sejak Paus membuka akun Twitter bulan lalu, ia telah mengirimkan pesan dalam delapan bahasa, termasuk Arab dan bahasa asalnya, Jerman. Lebih dari 5.000 orang mengikuti akun Twitter dalam bahasa Latin.

Penggunaan jejaring sosial ini merupakan bagian dari upaya Vatikan untuk meningkatkan bahasa Latin. Dalam tahun-tahun terakhir ini, Paus mengurangi misa dalam bahasa Latin, tetapi mendirikan perguruan tinggi untuk mempromosikan penggunaan bahasa ini.

Di Vatikan, transaksi untuk pengambil uang melalui mesin ATM bahkan menggunakan bahasa Latin. Untuk mempertahankan bahasa ini, Vatikan meluncurkan kamus kata-kata modern untuk bahasa latin.

Sejumlah kata dalam kamus ini termasuk "Inscriptio cursus electronici" atau yang berarti e-mail.

Paus Benediktus termasuk pendatang baru dalam jejaring sosial, tetapi memiliki sekitar 2,5 juta pengikut, terutama dalam akun bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com