Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Mafia Dimakamkan Secara Rahasia

Kompas.com - 20/01/2013, 23:37 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com -- Bos mafia Rusia, Aslan Usoyan dimakamkan secara rahasia dengan penjagaan yang ketat di Moskwa, Minggu (20/1/2013). Padahal keluarga korban berniat membawa kembali tubuh sang bos mafia ke kampung asalnya di Tbilisi, Georgia.

Usoyan diterjang peluru tepat di leher saat berada di pusat kota Moskwa, Rabu. Peluru diduga berasal dari penembak jitu yang sengaja mengincar bos mafia berusia 75 tahun yang sudah terkenal sejak era Uni Soviet.

Usoyan yang dikalangan mafia Rusia dikenal dengan Eyang Hassan dimakamkan di Pemakaman Khovanskoye, Moskwa, yang dilimuti salju. Usoyan yang juga keturunan Yezidi Kurdi ini dimakamkan di bawah penjagaan ekstra ketat dan wartawan dilarang mendekat. Pintu masuk pemakaman diblokade pengawal pribadi.

Sejumlah tokoh dari kalangan Kurdi dilaporkan hadir dan saat upacara pemakaman sejumlah lagu tradisional Kurdi ditampilkan di sana. Polisi tampil berpakaian preman dan mengambil gambar mereka yang datang ke acara pemakaman bos mafia itu.

Laporan yang muncul hari Sabtu menyebutkan, sebuah pesawat sewaan sudah disiapkan untuk membawa tubuh Usoyan ke Tbilisi di mana istri dan putrinya tinggal. Namun pesawat itu tak pernah mendarat dan kembali ke Moskwa.

Karir kriminal Usoyan lebih dari lima decade. Dia pernah menjalani sejumlah hukuman penjara di era Uni Soviet untuk urusan perampokan, calo, dan melawan polsii. Dia keluar dari penjara yang terakhir kali tahun 1991 dan sejak itu beberapa kali lolos dari beberapa upaya pembunuhan, termasuk pada tahun 2010 juga dilakukan penembak jitu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com